tahan tahan tahan

dalam hal surel-surel yang menjengkelkan, tundalah keinginan untuk memberikan balasan langsung. membaca ulang sekitar 5 – 15 menit setelah kita membacanya pertama kali seringkali bisa menghadirkan sudut pemahaman yang berbeda tentang isi surel. ledakan kejengkelan yang sangat ingin dilepaskan bisa jadi telah berkurang setengahnya. susunan kata-kata dalam balasan surel akan lebih tertata. hal-hal yang tidak perlu akan menghilang. menghadirkan diri kita yang “lebih baik”.

di kasus yang lain, cara kita memperlakukan surel yang menjengkelkan bisa juga dipakai. kadang kita menemui sikap kawan yang sedikit tidak nyaman, tak seperti biasanya dan seharusnya. atau perlakuan mbak cantik pelayan kedai yang sering kita kunjungi tak tampak baik seperti sebelum-sebelumnya. senyum keringnya tidak jadi menyegarkan kusutnya otak karena rutinitas siang.

tahan. tunda. tundalah sebentar keinginan untuk menyikapi hal-hal tak nyaman itu secara instan. ambil jeda. cerna ulang. baca dan dengar dari sudut yang berbeda. seharusnya akan muncul alasan atau sekedar sapa lain yang akan mengurangi ketidaknyamanan kita. udara segar atau wangi baru yang melegakan.

hasilnya?

sikap balik. balasan. atau penerimaan yang berbeda dari kita akan hadir. (seringnya) sesuatu yang “lebih waras” dan lebih menenangkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s