Sabun Sehat

Img01010-20101205-1305

Ini sabun legendaris. Produksi PT. Sinar Antjol Jakarta.

Dulu. Dulu sekali. Saat masih TK atau SD, sering ada penjual kebutuhan rumah tangga berupa sabun, pasta gigi, deterjen, lotion dsb yang menjajakan dagangannya berkeliling dari kampung ke kampung dengan pikulan.

Menyediakan kebutuhan rumah tangga Ibu-Ibu yang tidak sempat melancong ke kota untuk berbelanja.

Selain dari pintu ke pintu, Bapak-Bapak yang jual juga menyediakan fasilitas kredit tanpa bunga. Harga kredit maupun kontan dijamin sama! Tanpa selisih. Kreditnyapun sangat lunak. Tanpa termin. Tanpa mengisi formulir pendaftaran yang njlimet.

Cukup atas dasar KEPERCAYAAN.

Sekarang sudah nggak ada, Dev?

Setahuku masih ada. Tapi tak lagi dengan pikulan. Sekarang dengan mobil bak terbuka. Tapi aku tak tahu, apakah masih bisa mengutang atau tidak.

Di Magetan, lain cerita lagi. Salah satu saudara yang kebetulan berjualan sayur keliling. Dia masih menyediakan fasilitas kredit semacam ini buat pelanggannya.

Ibu-Ibu langganannya dipersilakan mengutang dulu. Dicicil sesuka mereka. Tanpa termin dan bunga.

Namun tak selamanya bisnis berjalan lancar. Kepercayaan juga harus diuji. Kadang, ada juga langganan yang curang. Setelah hutang menumpuk, tak lagi nongol di kerumunan pelanggan yang lain saat dia datang ke daerah pelanggan tersebut. Otomatis tak bisa menagih juga saat si pelanggan cidera janji.

1 pelanggan hilang. Piutang tak terbayar. Resiko usaha kata dia, jualan harus tetap jalan karena masih banyak pelanggan jujur yang menguntungkan.

Jadi, di komplek Anda, apakah Bapak-Bapak penjual sayur masih menyediakan kredit ini? Coba tanya ke Ibu-Ibu yang biasa berhubungan dengan mereka.

Salam,

devi a zuhdi

Iklan

2 thoughts on “Sabun Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s