diorama Indonesia

meski sedikit kecewa dengan Laskar Pelangi yang tak begitu sempurna berevolusi menjadi film, saya masih terus berharap novel-novel menakjubkan dari novelis Indonesia diangkat kembali ke layar lebar. coba bayangkan bagaimana jadinya jika Minke mendadak nongol di layar lebar, atau Lantip tiba-tiba hadir bersama  kemegahan keluarga Sastrodarsono. sebuah diorama masa lalu Indonesia bisa kembali dinikmati, sedikit mengingatkan kita semua akan anyir darah masa lalu.

saya rindu, dengan film-film yang bercerita tentang Indonesia di masa lalu. film yang menghadirkan ulang perjalanan republik ini. sempat sedikit tersenyum kala GIE dihadirkan di layar lebar beberapa tahun lalu itu. meski porsi yang diberikan terlalu besar untuk tokoh Soe Hok Gie, tapi setidaknya ada sedikit sejarah perkembangan penerbitan surat-kabar yang diungkap.

pasti akan sangat menarik bagi generasi muda sekarang jika berkesempatan melihat film dengan kualitas mendekati Saving Private Ryan tetapi dengan cerita ala Indonesia di masa agresi kedua, atau Troy hadir dengan cita rasa Gajah Mada. film-film yang menyuguhkan betapa heroiknya pahlawan-pahlawan negeri ini berkorban, film-film yang menghadirkan eksotisme masa lalu tanah tumpah darah kita ini.

saya bosan, ketika melihat jadwal film di surat kabar hanya berisi film-film tentang dunia lain, film-film yang paling hobi mengambil adegan kala malam datang. jika mau membandingkan, mereka memang juga membuat The Ring, tapi mereka juga mampu hadirkan Pearl Harbors dengan tak kalah menakjubkannya. apa memang kemampuan filmaker negeri ini baru sampai di kelas “sundel bolong”?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s