self control

self controls, begitulah bunyi status pesbuk Pak Bos Besar kemarin malam. mendadak merasa tergelitik karena sadar selama ini gampang meledak-ledak meski seringnya cuma sampai di dalam hati saja. maksudnya gini, selama ini sering banget terbawa emosi, sedikit-sedikit bawaanya marah aja, meski marahnya cuma sampai di hati saja (dipendam gitu, dinikmati sendiri, diredam sendiri), walaupun begitu rasanya tetap mengganggu juga. tetap merasa ndak enak. paling puool kalo sedang marah atau anyel gitu ya diem, menyingkir dari keramaian, cari kesibukan sendiri, menghindari orang-orang tidak bersalah menjadi korban pembantaian. 😀

jadi, rasanya, self control itu penting, kontrol diri itu mutlak dilakukan, buat kesehatan hati sendiri juga kesehatan relationship dengan orang lain. ndak lucu kan kalo kita tiba-tiba marah kepada orang yang ndak tahu ujung pangkal masalah yang kita hadapi? atau ndak lucu juga ketika kita marah-marah kepada orang yang ndak seharusnya cuma karena kita salah menangkap informasi?

stay positive, stay objective, berpikir jauh kedepan dan tenang. tenang. atur nafas yang baik setiap mendapat informasi baru, biarkan otak merekam informasi tadi kemudian mencocokkan dengan informasi lain yang sudah kita punya, biarkan juga otak dan hati bekerjasama mengambil kesimpulan akhir. mungkin begitu cara paling jitu untuk mengaplikasikan pengendalian diri. membiarkan otak bekerja lebih dulu dibanding hati, kemudian otak dan hati bekerjasama menelurkan kesimpulan yang pas. jika perlu, beri waktu untuk mencari tambahan informasi sebelum memutuskan kesimpulan yang telah ada adalah kesimpulan akhir yang layak dikeluarkan.

*arggggghhhh!!! bahasaku maleh mbulet. wes ah, mbuh. mben wae dibenerke cek luweh penak diwoco. intine, kontrol diri! stay positive, stay objective.

Iklan

2 thoughts on “self control

  1. betul mas, diam dulu, tarik nafas dalam-dalam, jangan keburu meledak. tunggu dua menit aja pasti nanti kita dapat pikiran yang paling bijak..
    *ciee, ngomong opo to*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s