headphone jack di presario v3000 series [update]

WARNING: di laptop saya, setelah konfigurasi saya ubah seperti dibawah ini, memang benar headphone bisa bunyi, tetapi, ingat tetapi setelah kompie saya shutdown trus nyalakan lagi, soundnya jadi tidak mau bunyi semua. masalah bisa beres(sound kembali bunyi) setelah konfigurasi saya kembalikan ke awal(baris yang saya tambahkan tadi saya mark dengan “#” kemudian save ulang. kompie saya shutdown kemudian nyalakan lagi. sekarang masih nyari cara paling ampuh buat ngatasin masalah ini. pusing dech….

kalo ada yang pake presario V3000 series, trus tuh notebook diisi ma linux, mungkin bakal nemuin kendala headphone jack ndak berfungsi(tetep ndak ngeluarin suara meskipun sudah ditancepin headphone jack).

nih ada sedikit tips buat ngatasin masalah itu

edit file alsa-base di folder /etc/modprobe.d tambahkan baris ini (taruh aja di paling bawah)

options snd-hda-intel index=0 disable_msi=1

memang, habis ini tuh headphone jack dah berfungsi tapi ya itu ada yang aneh, speaker altec lansing di laptopnya masih tetep nyala, jadi dua duanya nyala. ;))

nih masih nyari solusi yang tokcer (pengennya kalo pake headphone, speaker altec lansingnya diem dulu). atau sudah ada yang punya solusinya? atau punya ide lain buat ngatasin ini?

note:
– saya pake ubuntu 7.04 dengan alsa versi 1.0.13
– notebook presario V3320
– lebih lanjut kunjungi ini

6 thoughts on “headphone jack di presario v3000 series [update]

  1. mas, saya baru aja beli V3000 amd turion, tapi kenapa ya, laptop ini,suka blank..tiba2 blank..jadi, dengan saya matiin dengan paksa…hehehe…
    padahal, saya gak pernah ngegame…cuma buat kerja aja..
    apa karena saya geber habis, buat software teknik yang cukup butuh ekstra kerja buat laptop ini
    spec-nya :
    ram 1 gb
    turion x2
    ge force
    HD 120
    bisa ngaish solusi gak mas?

  2. #mungky: waduh maap mas, saya ndak expert expert amat di dunia perkomputeran, saya cuman pengguna awam. tapi kalo denger obrolan kawan kawan di forum seh, Turion mang cepet panas dibanding Core 2 Duo. mungkin itu kali masalahnya. kalo buat aplikasi grafis(teknik sipilkah? atau arsitektur? buat draft kan?) harusnya peyan beli Desktop aja dengan spek tinggi(duit buat beli laptop tadi kalo buat beli Desktop dah dapet level tuingggi lho). maap ndak bisa mbantu. 😀

  3. Coba beli kipas pendingin tambahan ; saya beli harganya 125.000 ada 3 kipas; laptop bisa lebih adem. Kalo nge-blank biasanya masalahnya memang di hardware. Kalo di m$-win coba service-nya dikurangi, soalnya ms win banyak “menyembunyikan” service yg sebenarnya ndak kita perlukan, ini juga memakan memory. Blank bisa juga gagal load ke memory.

    Tapi saya juga cuma pengguna awam…

    salam
    sts

Tinggalkan Balasan

