HTTPS? Apaan ya? Samakah dengan HTTP?

** HTTPS? Apaan ya? Samakah dengan HTTP?

HTTPS (HyperText Transpor Protocol Secure), standart protokol yang nyaris sama dengan saudara tuanya HTTP. HTTPS juga bekerja di layer 7 OSI sama dengan HTTP, SMTP, HTTP etc. Yang membedakan antara HTTP dan HTTPS ada pada layer 3,4 OSI. Pada layer 3,4 digunakan protokol SSL dan TLS untuk melakukan enkripsi data yang dikirim (GET, POST etc), pada HTTP tidak terjadi proses enkripsi.

** Kemudian apa untungnya pake HTTPS?

Jika kita menggunkan HTTPS, data data yang dikirim antara client dan server dienkripsi, sehingga tidak sembarang orang bisa melakukan deskripsi ulang. Enkripsi ataupun deskripsi dilakukan di sisi client dan sisi server. Fungsi ini saat penting untuk mengangani transaksi beresiko tinggi macam e-banking atau e-commerce.

** Trus kalo kita mau pake HTTPS or HTTP yang perlu disetting di bagian mana? Di sisi client or server?

Untuk menentukan apakah kita pake HTTPS or HTTP dilakukan setting di sisi server, client hanya tinggal mengikuti apa yang disediakan server(pokoke melu ^_^). Biasanya, situs yang memakai protokol HTTPS harus memiliki sertifikat otentikasi (CA – certificate authority), fungsi dari CA ini adalah agar tidak keluar WARNING! saat situs kita diakses oleh client. Dalam CA ini berisi identitas server yang memakai HTTPS tersebut (nama perusahaan atau instansi, kemudian tujuan dipakenya HTTPS etc dah). CA dikeluarkan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk melakukan otentikasi (exp: VeriSign!).

** Iki ngunu trimo dasar banget, sekedar info atau tambahan aja, sangat kurang detail secara teknis. Tak ketik soale aku yo lagi ruh, timbang ngko lali dadi tak ketik ae. Lak onok seng salah tulung dibenerno. Suwun.

CMIIW ya!

Iklan

6 thoughts on “HTTPS? Apaan ya? Samakah dengan HTTP?

  1. sebenarnya tanpa sertifikat pun https bisa di buat asal di servernya bisa jalanin cgi , bisa buat fake sertifikat, kebanyakan tak bakal ke deteksi kenapa? karena user di client lebih suka klak klik daripada membaca dengan detail. apalagi biaya akses internet yg bisa dibilang tidak murah. Baca2 males ahhh.

    masih ingat kejadian typhografy nya BCA , situs fake nya juga pakai sertifikat palsu. Tapi apa lancur user nya o on …. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s